Banyak Dicari, Inilah 5 Alasan Kuliah Bahasa Mandarin Itu Penting! 


Siapa yang tidak tahu dengan negara Tiongkok? Pasti semua tahu kan? Sebagai salah satu negara yang ekonominya sangat maju, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa produk asal Tiongkok kini sudah menjamur di mana-mana, termasuk di negara kita sendiri, Indonesia.

Hubungan antara Indonesia dengan Tiongkok yang sudah terjalin sejak lama meembawa banyak dampak positif bagi negara kita sendiri. Misalnya saja terbukanya lapangan pekerjaan yang sangat banyak serta nilai investasi yang meningkat. Namun, meski kerja sama yang dijalin sangat banyak, SDM di Indonesia yang mampu berbahasa Mandarin jumlahnya sangat sedikit, padahal banyak perusahaan asal Indonesia yang mencari tenaga ahli/ profesional yang mampu berbahasa Mandarin.

Nah, dengan permasalahan itulah kini banyak orang beramai-ramai berusaha untuk belajar menguasai bahasa Mandarin, salah satunya melalui jenjang perguruan tinggi. Buat kamu yang saat ini duduk di bangku kelas 12 SMA dan bingung ingi memilih jurusan apa untuk kuliahmu ke depan, berikut penulis berikan 5 alasan mengapa mengambil jurusan bahasa Mandarin sangat recomended buat kamu!

1. Majunya perekonomian Tiongkok di dunia

Dengan pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang sangat pesat tidak mengherankan bila banyak negara sekarang ini banyak melakukan kerja sama dengan Negeri Tirai Bambu tersebut. Salah satunya Indonesia. Indonesia sendiri sudah bekerja sama dengan Tiongkok sejak tahun 1950 dan masih berlanjut hingga kini. 

Lewat berbagai kerja sama yang disepakati, banyak sekali dampak positif yang dirasakan oleh Indonesia. Mulai dari nilai investasi Tiongkok di Indonesia yang bertambah hingga tersedianya banyak lapangan pekerjaan. Akibatnya, kini banyak perusahaan mulai kewalahan untuk mencari tenaga profesional yang mampu menguasai bahasa Mandarin.

2. Gak banyak orang Indonesia yang bisa berbahasa Mandarin

Alasan kedua adalah kurangnya SDM khususnya orang Indonesia yang mampu berbahasa Mandarin. Lewat permasalahan inilah kamu sebagai generasi millennial pastinya bisa memanfaatkan peluang ini, salah satunya kamu bisa mengambil jurusan bahasa Mandarin sebagai pilihanmu untuk kuliah nanti. Karena banyak perusahaan baik di Indonesia maupun Tiongkok yang mencari tenaga profesional yang mampu berbahasa Mandarin.

3. Peluang kerja sangat luas

Untuk alasan ketiga ini masih ada hubunngannya dengan alasan kedua. Peluang kerja yang dihasilkan dari kerja sama Indonesia dengan Tiongkok sangatlah luas. Apalagi bila mengingat SDM yang mampu berbahasa Mandarin jumlahnya sangat terbatas. Tidak melulu harus menjadi seorang pengusaha atau bekerja di perusahaan, lewat kesempatan ini kamu juga bisa mencoba peruntungan untuk menjadi seorang tour guide hingga penerjemah (translator).

4. Kerja sama Indonesia-Tiongkok sangat banyak

Saat kamu hendak mengambil jurusan bahasa Mandarin saat kuliah nanti, kamu juga harus tahu apa saja kerja sama apa saja yang dijalin antara Indonesia dengan Tiongkok. Misalnya saja di bidang perdagangan, pertambangan, pariwisata, pendidikan, hingga pembangunan infrastruktur. 

Tentu kerjasama yang dijalin tersebut telah melibatkan banyak perusahaan-perusahaan besar sehingga itu akan memudahkanmu untuk mencari pekerjaan saat sudah lulus kuliah nantinya.

5. Menjamin penghasilan yang melimpah

Bila kamu masih ragu untuk memilih jurusan Bahasa Mandarin saat kuliah nanti, alasan kelima ini wajib banget buat kamu pertimbangin. Penghasilan yang melimpah bisa kamu dapatkan bila nantinya kamu sudah lulus kuliah. 

Dilansir dari situs lowongan pekerjaan seperti indeed.com dan jobstreet.com gaji yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan yang mencari tenaga profesional yang mampu berbahasa Mandarin berkisar antara 5 juta sampai 15 juta per bulan. Bila kamu tidak tertarik bekerja di perusahaan, opsi untuk menjadi guru les atau tour guide juga bisa kamu coba kok. Bayarannya bisa berkisar antara 200 ribu sampai 300 ribu per jamnya.

Jadi, tertarik untuk belajar bahasa Mandarin secara serius?



Source link