Untukmu yang Diuji Sakit Permanen, Kuatkan Hatimu dengan 5 Hal Ini!


Tak ada manusia yang hidup dalam kesempurnaan. Beberapa di antaranya mengalami sakit berkepanjangan hingga akhir hidupnya. Tak ayal, sakit inilah yang terkadang membuat hidupmu tak lagi berguna. Jangan pernah menyerah terhadap penyakitmu, lakukan lima sikap ini agar hidupmu bermakna seiring dengan sakit yang kamu derita.

1. Percayalah, Tuhan selalu memberikan takdir kehidupan terbaik untuk umatnya

Setiap manusia memiliki takdirnya tersendiri. Bisa saja saat ini kamu mengeluh mengapa dirimu yang diberi cobaan seperti yang saat ini kamu alami. Tapi percayalah, Tuhan selalu memberikan hal terbaik di setiap cobaan yang diberikan pada setiap individu.

Lihatlah di sekitarmu bahwa masih ada orang lain yang kehidupannya mungkin masih mengalami cobaan yang lebih berat. Niscaya, kamu akan berdamai dengan keadaanmu yang tak sempurna saat ini.

2. Sakit membuat dirimu lebih kuat dari orang lain

Ada anggapan bahwa orang sakit adalah orang yang lemah. Patahkan persepsi ini. Buktikan pada semua orang, kamu bukanlah pribadi yang rapuh. Justru dengan sakitmu kamu bisa membuktikan bahwa seseorang yang diberi cobaan akan lebih kuat.

Tak peduli seberapa banyak kamu menjalani berbagai pengobatan, tetaplah berprinsip bahwa kelak suatu hari penyakitmu akan kalah dengan tekadmu untuk sembuh.

3. Bisa menghargai waktu yang tak akan terulang kembali

Buat kamu yang divonis oleh dokter akan penyakitmu saat ini, kamu akan merasakan bahwa waktu yang berjalan begitu bermakna. Bersama keluarga, sahabat dan orang sekitar yang menyayangimu, tentu kamu tak ingin melewatkan hal ini.

Detik demi detik yang berlalu akan mengajarkanmu bahwa hidup di dunia ini hanya sementara. Berbuat baik demi kehidupan selanjutnya mencerminkan bahwa waktu dan sakitmu memmbuatmu lebih baik.

4. Membuat karya dengan kemampuan yang kamu miliki

Sakit bukan berarti tak mampu berkarya. Segala yang kamu bisa, tuangkan dalam karya yang akan membuat identitas dirimu dikenal. Di tengah kesehatan yang kurang baik, cobalah mengasah kemampuanmu yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu tekuni.

Manfaatkan fasilitas yang ada dan tak perlu memaksakan diri jika memang tidak memungkinkan. Karena berkarya dengan hati lebih utama dan mampu merefleksikan dirimu seutuhnya.

5. Akhirnya, kamu akan selalu berusaha dekat dengan Tuhan

Kondisi sakit yang saat ini kamu alami membuatmu semakin dekat dengan Tuhan. Bukan berarti sehat lantas membuatmu lupa akan Tuhan. Kamu akan merasakan bahwa kasih sayang Tuhan terhadap umatnya tak terbatas. Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki saat ini.



Source link